Berbagai Macam Jenis Mainan Anak Edukatif Untuk Menumbuhkan Kreativitas

Masa kanak-kanak adalah masa dimana masa untuk bermain dan bersenang-senang. Oleh karena itu, wajar banget ketika anak kamu atau adik kamu lebih suka bermain daripada belajar dengan serius. Namun, aktivitas bermain itu bisa dijadikan sarana belajar juga loh. Orang tua dan keluarga bisa memberikan mainan anak edukatif yang dapat membantu menumbuhkan kreativitas serta imajinasi si kecil dapat menjadi lebih luas.

Akan lebih baik lagi jika mainan yang bersifat edukatif ini diberikan saat anak masih dibawah lima tahun atau balita. Karena 5 tahun pertama merupakan masa emas anak dalam hal perkembangan  otak. Jadi orang terdekat dapat membantu perkembangan tersebut dengan memberikan stimulai-stimulasi melalui permainan dan hal yang disukai anak. Kalau kamu lagi gak bisa mikir dan bingung dengan jenis mainan apa yang tepat diberikan untuk anak, Yuk simak informasinya disini.

Mengenal Macam-macam Mainan Yang Bisa Menumbuhkan Kreativitas

1. Flash Card
Flash Card merupakan salah satu mainan anak edukatif yang banyak digunakan orang tua untuk membantu tumbuh kembang anak agar mengetahui banyak hal. Flash Card berisikan nama binatang, nama buah, bagian tubuh, angka, huruf, dan masih banyak lagi. Konten Flash Card dinilai edukatif karena isinya yang mendidik seta terdapat gambar dan warna yang dcenderung leih disukai oleh anak-anak.

Penggunaan flash card ini juga tergantung usia dari buah hati. Jika buah hati kamu masih berumur dibawah 3 tahun atau batita, disarankan kamu memperkenalkan flash card yang berisikan nama-nama buah, bagian tubuh, nama kendaraaan, dan semacamnya, Jika sudah berumur 3 tahun ke atas atau balita, kamu sudah bisa memberikan flas card yang beridsikan huruf, angka, kosa kata asing, dan semacamnya. Flash Card bisa menjadi media stimulasi dan pengenalan pada kejadian-kejadian yang ada di sekitar.

2. Menggambar Kaos
Kegiatan menggambar dan mencoret-coret adalah kegiatan yang sangat disukai anak-anak. Biasanya anak-anak menggambar di atas media seperti buku gambar, kertas sobekan, buku warna, dan bisa sampai ke dinding rumah yang membuat para orang tua kebingungan. Menurut pengamatan, anak kecil menggambar dan mencoret-coret dinding rumah karena mereka bosan dengan media kertas. Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba media mainan anak edukatif satu ini yaitu kaos.

Kamu bisa membeli kaos polos beberapa warna agar anak bisa berkreasi atau kamu bisa lebih memanfaatkan kaos- kaos bekas yang sudah tidak terpakai. Tapi alangkah lebih baiknya kalau kamu membeli kaos yang seukuran dengan buah hati. Jadi, ketika buah hati selesai dengan karya dan imajinasinya. Dia juga bisa mengenakan hasil karyanya dengan bangga, hal ini dapat membantu menambah kepercayaan diri si buah hati.

3. Bermain Peran
Pemrainan ini perlu dilakukan dengan anak sejak dini untuk membantu meningkatkan kempampuan berinteraksi, berimajinasi, dan komunikasi mereka. Kamu bisa mengajaknya bermain masak-masakan, dokter-dokteran, berperan sebagai guru di sekolah, dan lain-lain. Permainan ini juga akan menjadi lebih efektif ketika dilengkapi dengan perlengkapan atau mainan pendukung yang sesuai dengan peran yang sedang dimainkan. Oleh karena itu, bermain peran termasuk dalam salah satu mainan anak edukatif.

Anak adalah titipan dari yang maha kuasa. Kita sebagai orang tua atau saudara juga harus menjaga dan membantu mereka untuk jadi lebih baik. Kita juga sebenarnya tidak boleh terlalu memaksakan atau mengarahkan anak ke suatu hal. Tidak baik jika terlalu memaksakan. Karena menjadi orang tua harus menuntun, bukan menuntut. Permainan yang edukatif adalah salah satu cara untuk menimbulkan bakat dari seorang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *